Madumongso

Madu mongso adalah salah satu jajanan khas Madiun yang populer dan banyak di gemari. Pada tahun 2001, Madiun pernah memecahkan rekor muri Indonesia karena pagelaran festival Madu mongso sepanjang 1.700 meter / 1,7 KM yang digelar di alun-alun Madiun. Saat itu, festival itu digelar untuk memperingati hari ibu dan hari ulang tahun PKK.

Jajajan khas Madiun yang satu ini di buat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya, ketan hitam diolah hingga menjadi tape melalui proses fermentasi. Setelah itu, dimasak di campur dengan gula dan santan hingga menyerupai dodol.

Jajanan madu mongso rasanya manis sedikit asam dan sangat nagih saat kamu usai memakannya.Pengemasan madu mongso ini selalu unik, biasanya dibungkus denagn kertas minyak warna-warni ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk lonjong seperti dodol.
Madu mongso pasti selalu ada saat musim-musim hari raya seperti hari raya Idul Fitri, imlek dan lainnya. Jajanan ini banyak digunakan untuk menyambut tamu yang datang untuk bersilaturahmi. Untuk mendapatkannya, kamu tidak perlu menunggu sampai hari raya tiba.
Di pusat-pusat oleh-oleh di Madiun banyak menjual jajanan khas yang satu ini.

Komentar