Kesenian Dongkrek

Kesenian Dongkrek merupakan salah satu jenis pertunjukkan tradisional berupa tarian dan cerita. Kesenian ini mengambil cerita pertarungan antara kakek sakti dengan kawanan gendruwo, pada akhirnya dimenangkan kakek sakti.
“Dongkrek adalah kesenian khas daerah Madiun. Kendati kesenian khas, belakangan ini hampir punah. Semakin jarang orang mau menampilkan kesenian itu,” ujar peneliti Universitas Sebelas Maret (UNS) Sri Wahyuningsih, saat memaparkan hasil penelitiannya tentang Revitalisasi Seni pertunjukan Dongkrek, di kampus setempat, baru-baru ini.


Adapun guna menjaga agar kesenian Dongkrek tidak punah, menurut Wahyuningsih, perlu mendapat perhatian masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan. Salah satu caranya melalui industri kreatif di bidang wisata, yakni mengaitkan dengan dunia pariwisata.
Pementasan kesenian Dongkrek dapat diberdayakan untuk menjadi daya tarik wisata budaya. Oleh sebab itu, kesenian tradisional ini harus mendapat sentuhan-sentuhan manajemen dan hiburan.
“Para seniman Dongkrek harus sadar, apabila ingin diakses dunia wisata, maka harus mengemas dengan baik dan menjadi tontonan yang menghibur,” ujarnya

Komentar