Es Dawet Suronatan

Madiun, ada banyak kuliner yang bisa dinikmati dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Nasi Pecel Madiun yang sudah sangat terkenal dan bisa dibeli dimana saja yang menjajakan masakan Jawa. Kalau sedang berada di daerah sekitar Madiun, apa salahnya singgah sebentar, meluangkan waktu untuk mencicipi makanan-makanan khas dari kota Madiun. 

Kalau sebelumnya saat singgah di Kota Madiun, sudah pernah makan atau mencicipi Nasi Pecel Madiun, kini saatnya memperkenalkan makanan yang unik dari Madiun. Mungkin memang aslinya asalnya bukan dari Kota Madiun. Tapi kurang afdhol rasanya kalau berkunjung di Kota Madiun tanpa menikmati yang satu ini. Adalah Es Dawet Suronatan.Es dawet suronatan ini telah dikenal sejak dulu karena rasanya yang enak. Saking menjadi favorit warga, kedainya kini telah diwariskan pada generasi ketiga. Jika di Jawa Tengah, Anda hanya menemukan dawet berbentuk panjang berwarna hijau ditambah santan dan gula.Namun berbeda dengan dawet asli Madiun ini. Satu porsi dawet suronatan berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, dawet tepung beras, tape, serta diguyur dengan santan dan gula.

Rasa dawet yang kenyal ini akan berbaur sempurna dengan bubur sumsum dari tepung beras bersantan yang gurihnya pas dengan siraman air gula Jawa. Sensasi rasa ini masih ditambah lagi dengan rasa asam dan manis dari tape singkong serta bubur ketan hitam yang menggugah selera.

Komentar